Home > Tips > Sakit Hati Pasca Putus Cinta Cara Meringankan Ala Wisnu Cahyoto

Sakit Hati Pasca Putus Cinta Cara Meringankan Ala Wisnu Cahyoto

imgPutus cinta, apapun sebabnya memang tak mudah dilewati. Ada yang bisa melaluinya hanya dalam beberapa hari, tapi ada juga yang butuh bertahun-tahun untuk bisa melupakannya.

Tak ada obat yang pasti untuk menyembuhkan luka hati akibat berpisah dengan kekasih. Semua orang pastinya memiliki cara adaptasi yang berbeda-beda. Menurut yourromanceguide, berikut tujuh hal yang bisa membantu meringankan kesedihan Anda pasca berpisah dengan si dia.

1. Hindari dia sepenuhnya
Jika Anda tergolong orang yang susah untuk melupakan, sebaiknya tutup semua akses yang berhubungan dengan dia. Lupakan niat untuk menelepon, mengirim pesan singkat, atau memantau akun facebook dan twitternya. Memikirkan atau berhubungan secara langsung maupun tidak langsung dengannya bisa mengingatkan Anda kembali pada kenangan lama. Memang hal ini tak mudah, pastinya tangan Anda sudah gatal untuk menelepon atau memata-matai kegiatannya lewat situs jejaring sosial. Ingatlah kalau prioritas Anda saat ini adalah Anda sendiri. Membiasakan diri hidup tanpa dirinya bisa membantu Anda lebih cepat melupakannya.

2. Nikmati Sakitnya
Memang aneh kedengarannya, tapi jangan memungkiri kalau Anda memang sedang sedih dan sakit hati. Ingatlah kalau ini adalah proses alami yang memang harus dilewati. Rasa sakit tersebut juga merupakan tanda-tanda Anda sedang berada dalam proses penyembuhan. Jangan terlalu gegabah melakukan hal-hal yang mungkin Anda sesali. Pada akhirnya Anda akan mendapat pengalaman dan efek positif jika bisa melalui perasaan ini dengan tegar dan kuat. Seringkali perasaan terpuruk juga bisa menjadi inspirasi positif dan membuat Anda bisa lebih mengenal diri Anda sendiri.

3. Alihkan Perhatian
Ini mungkin saran yang paling sering Anda dengar. Menyibukkan diri dan mengalihkan perhatian Anda ke hal-hal yang lain memang salah satu cara paling efektif untuk melupakan pahitnya perpisahan. Jika Anda tak banyak kegiatan, maka Anda akan banyak menghabiskan waktunya untuk memikirkan si dia atau berusaha mencari tahu tentang kegiatannya.

Jika Anda sudah bekerja, fokuslah sepenuhnya pada pekerjaan Anda. Kesuksesan dan kepuasan di tempat kerja bisa membuat Anda lebih bahagia dan mengalihkan perhatian. Lakukanlah hal-hal yang Anda sukai dan habiskan waktu dengan orang yang bisa memberi semangat positif untuk Anda. Belajar melakukan meditasi juga bisa menjadi salah satu solusi untuk belajar mengalihkan energi negatif menjadi energi positif. Pengalihan fokus ini bisa membuat pikiran Anda dipenuhi oleh hal-hal yang menyegarkan dan pelan-pelan menyembuhkan luka di hati Anda.

4. Jangan umbar cerita
Membicarakan kandasnya kisah cinta Anda hampir ke semua orang bukanlah hal yang baik. Lama-lama mereka akan bosan dan pelan-pelan menghindari Anda. Lebih baik pilih salah satu sahabat atau orang yang Anda percaya untuk mencurahkan isi hati Anda. Teman terdekat biasanya lebih pengertian terhadap keluh kesah Anda dan bisa memberi masukan yang lebih jujur.

Mengumbar cerita ke hampir semua orang yang Anda temui hanya membuat Anda terus menerus mengingat dia. Menuliskan perasaan dan pikiran Anda dalam jurnal atau blog juga bisa menjadi penyaluran rasa sakit yang baik. Dengan menulis, pelan-pelan Anda secara tidak sadar belajar untuk melupakan dan melalui masa yang pahit ini. Tapi tak perlu menjelek-jelekan sang mantan jika Anda berencana menulis pengalaman anda di blog yang bisa dibaca oleh orang banyak. Sikap tersebut malah membuat mantan semakin benci pada Anda dan membuat Anda terlihat seperti orang yang putus asa.

5. Dekatkan diri dengan keluarga
Keluarga adalah pihak yang selalu mendukung baik susah maupun senang. Dekatkanlah diri dengan keluarga, pergi bersama-sama pada akhir pekan atau sekadar mengobrol sambil makan malam bersama bisa membawa pengaruh positif pada perasaan Anda.

6. Buang segala kenangan
Salah satu cara paling klasik dalam melupakan mantan adalah membuang segala kenangan yang berhubungan dengan dirinya. Tak perlu bersikap dramatis dengan membakar foto-foto dan kenangan dengannya. Cukup buang saja atau simpan benda-benda kenangan yang bisa membangkitkan rasa sakit hati. Jika Anda memiliki cincin pertunangan, ada baiknya kembalikan cincin tersebut ke mantan Anda. Jika ia pernah memberi hadiah yang mewah tak ada salahnya kembalikan hadiah tersebut sebagai tanda Anda menghormati diri Anda sendiri.

7. Santai saja
Umumnya usai putus wanita ingin langsung mencari pasangan baru baik untuk pelampiasan maupun pengganti kekasih. Tak perlu buru-buru. Biarkan diri Anda pelan-pelan sembuh dari rasa sakit hati sebelum membuka lembaran baru. Pastikan Anda bisa berpikir jernih dan tenang sebelum memulai hubungan baru. Hal ini bisa membantu Anda menghindari rasa sakit hati yang mungkin timbul jika tak selektif dalam memilih kekasih baru.

Intinya, putus cinta bukanlah akhir dunia. Hampir semua orang pernah mengalami dan berhasil melaluinya. Poin yang paling penting adalah jaga harga diri Anda sebagai pribadi dan hormati diri Anda. Jangan melakukan hal-hal yang akan Anda sesali atau jangan biarkan orang memanfaatkan Anda pada masa rapuh.

Categories: Tips
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: