Home > ARTIKEL > KECINTAAN, KREATIFITAS PROGRAM DAN KEKUATAN IMAJINASI

KECINTAAN, KREATIFITAS PROGRAM DAN KEKUATAN IMAJINASI

KECINTAAN, KREATIFITAS PROGRAM DAN KEKUATAN IMAJINASI

Jika engkau bukan seorang pencinta,
maka jangan pandang hidupmu adalah hidup.
Sebab tanpa Cinta, segala perbuatan tidak akan dihitung
pada Hari Perhitungan nanti.
Setiap waktu yang berlalu tanpa Cinta,
akan menjelma menjadi wajah yang memalukan dihadapanNya.
(Jalaluddin Rumi, Penyair Persia)DTPS-Kibbla adalah sebuah konsep yang di bangun oleh kaum pecinta kehidupan, terutama kecintaan terhadap bayi baru lahir, ibu dan balita. Para peserta lokakarya di berbagai provinsi telah memasukkan diri dalam lembutnya semangat arus kecintaan terhadap hidup.

Dalam arus kecintaan itu, kita semua mengingat para korban, baik korban di kalangan ibu, bayi baru lahir dan maupun anak balita, yang terpaksa meninggal dunia karena problema kesehatan. Juga kita bicarakan bersama, bagaimana melakukan penyelamatan terhadap para calon korban yang saat ini bahkan belum mulai mengandung atau dikandung.

Karena perlu melakukan penyelamatan maka kita membuka diri akan keberadaan masalah, serta berusaha mencari alternatif penyelesaian. Karena merasakan cinta yang sama, maka kita pun bekerja bersama. Karena segala keterbatasan, kita bersama berdiskusi menentukan prioritas.

Kegiatan dalam ruangan adalah kesempatan saling mengapresiasi sambil menggabungkan kekuatan pemikiran, wawasan dan visi, serta imajinasi. Tindakan ini telah dilakukan dengan bersemangat oleh para peserta. Bahkan hingga larut malam, hampir semua kelompok tetap bersemangat berdiskusi.

Sementara itu, tantangan lanjutan dihadapi oleh para pejuang KIBBLA Perencanaan DTPS-KIBBLA yang mereka hasilkan dalam lokakarya ini, masih perlu dibahas dan disosialisasikan di tingkat kabupaten. Konsep mereka perlu disesuaikan dengan proses yang ada dan memerlukan persetujuan dari berbagai instansi terkait. Tim DTPS manapun pada waktunya bergerak memulai kesempatannya untuk melakukan sosialisasi KIBBLA.

Sosialisasi adalah kesempatan membangun dan memperluas jaringan untuk para pecinta kehidupan ibu, bayi baru lahir dan anak balita, agar semakin banyak orang/instansi mau berfikir dan bekerjasama di tingkat kota/kabupaten.

Suatu hari nanti kita bisa berkata cinta kita dan cinta DTPS pada kehidupan, pada Kibbla, telah menjelma menjadi wajah-wajah lucu penuh semangat, yang memberi warna pada dunia. Pada saat itulah kita akan semakin dalam menyadari apakah makna kecintaan pada kehidupan. (ben)

Categories: ARTIKEL
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: